Kamis, 05 Juli 2012

Pendidikan Informal di PKBM Daarul-'uluum Sumedang

Mulai tanggal 2 s.d.4 Juli,2012. PKBM Daarul-'Uluum Sumedang mendapat kepercayaan dari PP-PAUDNI Reg 1 Jayagiri, untuk mengikuti Loka Karya Pengembangan Program Pendidikan Informal bersama PKBM/Lembaga PAUD lainnya di Jawabarat. Hadir pada Loka Karya tersebut beberapa dosen pendidikan dari UPI Bandung, Yaitu : Prof. Ihat H. dan Prof Kemal untuk memberikan pengarahan sekaligus memberikan materi kepada peserta.
Diantara materi tsb menyadur dari sifat Nabi Muhammad SAW yaitu Siddiq (jujur), Amanah (dapat dipercaya),Fatthonah (cerdas) dan Tablig(komulnikatif)
Lokakarya tersebut menghasilkan Program pengelolaan pendidikan informal untuk kelompok Majlis Ta'lim, Kel. PKK/Posyandu dan Kel. Pemuda/Seni, yang Insya Alloh akan kami laksanakan di 5 Lembaga selama 3 bulan.
Kelima lembaga tersebut adalah ;
1.  PKBM Kinanti di Jayagiri Lembang Bandung Barat
2.  PKBM Geger Sunten di Lembang BB
3.  PKBM Karya Muda mandiri di Cisarua Lembang BB
4.  PKBM Daarul-'Uluum di Kab. Sumedang
5   PAUD Nur Alam di Cimahi

diharapkan kegiatan Pendidikan Informal tsb dapat mengembangkan Karkter masyarakat di masing-masing tempat.  Aamiin

Pada penutupan Lokakarya tersebut Kepala PP-Paudni memberikan pengarahan sebagai bekal kami, diantaranya beliau menekankan perlunya manusia yang hidup di dunia ini mendapat pendidikan informal disamping pendidikan formal dan Non Formal . Pendidikan karakter dalam pendidikan informal agar menghasilkan ;
1. Individual yang beriman,berkompetensi, berjiwa pemimpin dan Rohmatan lil 'aalamiin (al-anbiya 107)
2. Keluarga yang bertanggungjawab dan dapat membina keluarganya
3.  masyarakat yang peduli dan berkontribusi bagi masyarakat lainnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar