Jumat, 06 Juli 2012

Profosal RB3

ISI PROPOSAL
1.    Profil Lembaga
a.   
Nama Lembaga
PKBM Daarul-‘Uluum
b.   
Alamat Lengkap 
Perum Griya Taman Lestari C-9 Desa Gudang Kec. Tanjungsari, Sumedang
c.   
No. Telepon/HP
022-92638073
d.   
Nama Ketua  
H. Mahmudin S.Pd
e.   
Alamat Lengkap 
Gudang 002/003 Tanjungsari Sumedang
f.    
No. Telepon./HP  
081321750028
g.   
Akta Notaris/Izin Pendirian
1)    No. 16
2)    Dedi Adnan S.H.
h.   
Nama Bank  
BRI Tanjungsari
i.     
Nomor Rekening lembaga
3454-01-024151-53-2
j.     
NPWP
31.475.584.3-446.000
k.   
Program Pendidikan masyarakat yang dilaksanakan saat ini
1)    Kejar Keaksaraan Fungsional (KF)
2)    PAUD-TPQ
3)    TBM

Acuan Pelaksanaan Kegiatan KUM pembuatan kesed majun dan pavling blok

A.   DASAR PEMIKIRAN 
Masih banyak warga masyarakat yang yang perlu dibina terus mengenai keaksaraannya
       Masih banyak warga masyarakat miskin dan pengangguran
Adanya bentuk usaha yang memberikan peningkatan penghasilan keluarga
Menjadikan masyarakat gemar membaca
Adanya pendidikan kewirausahaan  bagi WB KF

B.   NAMA KEGIATAN 
1)   KUM pavling-blok
2)   KUM kesed majun

C.   TUJUAN KEGIATAN 
1)    Melestarikan baca tulis warga KF dengan Usaha memproduksi kesed majun dan pavling-blok
2)    Memotivasi WB untuk mengisi waktu dengan membaca
3)    Membantu WB-KF untuk berusaha sebagai tambahan penghasilan

D. RENCANA KEGIATAN
1. Persiapan
PENILAIAN PETUGAS
E. RENCANA TINDAK LANJUT
1.Sertifikat akan diberikan kepada peserta didik      
2. Rencana Keberlanjutan Kegiatan
  • Pembentukan pra koperasi WB-KF...
  • Lomba karya tulis tentang usaha yang dilatihkan
  • Menjadikan Balai Belajarbersama (B3) menjadi pos pertemuan rutin dan perpustakaan
  • Mencari luang usaha lain yang bisa dikembangkan di Balai Belajar bersama (B3)
3   Bila memungkinkan ,memotivasi  WB untuk mengikuti Ujian kesetaraan Paket B













Keterangan:
1. Dapat dikembangkan sesuai dengan jenis kegiatan dan kondisi lembaga penyelenggara;
2. Lampirkan daftar peserta didik.





Acuan Pelaksanaan Kegiatan Rintisan PAUD-TPQ

DASAR PEMIKIRAN 
 I. Pendidikan merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan dalan pengembangan sumber daya manusia yang meupakan tanggung jawab bersama antara pihak pemerintah dengan masyarakat itu sendiri, masyarakat dan bangsa sehingga harus mendapat pembinaan jasmani, mental, spiritual dan sosial sejak dini, mengingat usia 0-6 tahun merupakan masa yang menentukan bagi pertumbuhan perkembangan anak di masa yang akan datang.
Pendidikan Anak usia dini (PAUD) mendapat perhatian dari pemerintah dan di sambut baik oleh segenap masyarakat terutama di Kecamatan Tanjungsari khususnya di lingkungan desa Gudang Kecamatan Tanjungsari-Sumedang yang sedan berkembang ..
II. LATAR BALAKANG MASALAH
Dilihat dari jumlah penduduk Anak Usia Dini di wilayah Desa Gudang khususnya cukup banyak, sedangkan yang mengenyam pendidikan secara formal di TK sangat sedikit jumlahya dikarenakan ketidak mampuan dalam soal pembiayaan dan jarak jauh, untuk itu diupayakan jalan keluarnya melalui pendidikan non formal yakni program Pemdidikan Anak Usia Dini berbasis Taman Pendidikan al-Quran (PAUD-TPQ) al-Munawwaroh bagian kegiatan dari PKBM Daarul-‘uluum
NAMA KEGIATAN 
Rintisan PAUD berbasis Taman Pendidikan al-Qur an (TPQ)

TUJUAN KEGIATAN
1.    TU . untuk mencapai tujuan pendidikan nasional secara umum, yaiyu mencerdaskan kehidupan bangsa, mencetak manusia Indonesia seutuhnya
2.    TK.
-       Mengembangkan kehidupan beragama sedini mungkin,agar anak memiliki moral dan budi pekerti luhur.
-       Pengembangan kemandirian anak agar dapat melayani diri sendiri.
-       Pengembangan kemampuan berbahasa agar anak mampu berkomunikasi  secara aktif dan pasif dilingkungannnya.
-       Pengembangan daya pikir sehingga anak dapat menghubungkan pengetahuan dan pengalaman yang baru diperolehnya.
-       Pengembangan daya cipta,agar anak menjadi kreatif,lancar dan fleksibel.
-       Pengembangan keterampilan, agar anak dapat mengembangkan keterampilan motorik halus.
-       Pengembangan perasaan/emosi agar anak mampu mengendalikan emosi dan social serta mewujudkan reaksinya secara wajar.
-       Mengembangkan jasmani agar anak dapat mengembangkan keterampilan motorik kasarnya dalam berolah tubuh untuk pertumbuhan dan kesehatan.
-       Meningkatkan proses tumbuh kembang anak secara wajar, dalam rangka membentuk sumber Daya manusia yang berkulitas sejak dini.


D. RENCANA KEGIATAN
1. Persiapan
2. Pembelajaran, Pendampingan, Penguatan:
a. Pembelajaran:rintisan PAUD-TPQ
  
JADWAL KEGIATAN HARIAN
RENCANA TINDAK LANJUT

1.            Tindak lanjut
Tindak lanjut dari bimbingan dan pembinaan yang selama ini tengah kami lakukan adalah ingin mengimplementasikan fungsi dan pokok dari program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), antara lain:
a.   Mengidentifikasi potensi dominan yang dimiliki anak sejak dini dikembangkan secara benar untuk bekal hidupnya di masa akan datang
b.  Memperkenalkan anak didik dalam kehidupan sosial kemasyarakatan yang tertib dan teratur
c.   Mengembangkan perilaku sosial anak yang bertanggung jawab dalan kehidupan sosial kemasyarakatan yang tertib dan teratur
d.  Mengembangkan sikap bertanggung jawab terhadap konsekuensi logis dari suatu tindakan yang dilakukan.
2.    Penguatan Program,Akan mengadakan sosialisasi kepada semua pihak akan pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar