Kamis, 05 Juli 2012

SOP&JOB PI PKBM Daarul-'Uluum Sumedang


Papan Nama 
.Pelaksanaan PI di PKBM Daarul-'Uluum :
URAIAN PEMBAGIAN TUGAS ( JOB DESK ) :
-          Memberikan masukan untuk menilai kesesuain antara kebutuhan masyarakat dengan penyelenggaraan program secara umum.
-          Memberikan penjelasan, kepada warga masyarakat atau organisasi lain untuk menjamin keberlangsungan program.
-          Memberikan fasilitas publik yang dianggap mendukung penyelenggaraan program pembelajaran.
2.             Ketua Penyelenggara
-          Mengkoordinasikan seluruh kegiatan organisasi penyelenggara.
-          Memberikan komando pelaksanaan program kepada setiap bidang/ bagian organisasi supaya berjalan sesuai tujuan yang diharapkan.
-          Memberikan keputusan mengenai penggunaan keuangan.
-          Memberikan arahan mengenai penyusunan administrasi
-          Mewakili penyelenggara dalam kegiatan eksternal.
3.       Sekretaris
-          Menangani segala proses pengadministrasian kegiatan
-          Mewakili ketua apabila berhalangan hadir dalam kegiatan eksternal atau internal.
-          Melaporkan setiap bentuk perubahan administrasi kepada ketua, secara berkala.
-          Menangani segala proses penerimaan atau pengeluaran keuangan panitia penyelenggara program.
-          Mengeluarkan keuangan dan menerima keuangan dengan sepengetahuan ketua penyelenggara.
-          Memberikan pertimbangan pengelolaan keuangan kepada ketua.
4.       Pengelola Program :
     a.  Posyandu/ PKK
-          Menangani penyelenggaraan program dalam bidang Anak Balita dan Ibu-Ibu Hamil berdasarkan tujuan awal program.
-          Mengembangkan rencana program lanjutan sebagai tindak lanjut penyelenggaraan program.
  1. Majelis Taklim
-          Menangani setiap perkembangan warga belajar, baik kuantitas maupun kualitas.
-          Mengembangkan strategi untuk meningkatkan motivasi belajar warga belajar.
  1. Seni Budaya
-          Melaksanakan program pelatihan secara terpadu dengan bidang lain.
-          Mengembangkan strategi pelatihan untuk meningkatkan efektifitas penyelenggaraan program.


Indikator Keberhasilan Pendidikan Informal :
  1. Kesadaran
  2. Kejujuran
  3. Keikhlasan
  4. Kesederhanaan
  5. Kemandirian
  6. Kepedulian
  7. Kebebasan dalam bertindak
  8. Kecermatan/ketelitian
  9. Komitmen
                                                                        Mulyasa (2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar