Jumat, 06 Juli 2012

Profosal KUM


Profosal KUM
07 Juli 2012
07 Juli 2012
11:04
A. Identitas Lembaga.
a. Nama Lembaga : PKBM DAARUL ‘ULUUM
b. Alamat Lembaga : Perum Griya Taman Lestari C-9 Tanjungsari
c. NILEM : 32.1.16.0011.4.0.0001
d. No Telp : 022-87792782
e. Nama pimpinan : H. Mahmudin, S.Pd
f. No Rekening Bank ;3454-01-024151-53-2
g. Atas Nama :PKBM DAARUL ULUUM
h. Nama Bank : Bri Unit Tanjungsari
i. NPWP ;31.476.584.3-446.000
j. Program Pendidikan Anak Usia Dini Non formal dan informal (PAUD-NI) yang akan dilaksanakan:
- Kober
- PAUD-TPQ
- KUM
- TBM
- Rintisan Paket C
- Bimbel
B. Dokumen Adinistrasi (terlampir)
C. Daftar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1. Pendidik
No Nama L/P Tempat Tanggal lahir Alamat Bidang Studi
1 Maman Suparman L Bandung, 29/03/1972 Cikondang Rt 03/05 Gunung Manik PAI ? PAUD-TPQ
2 Fitria Kurniawati P Bandung, 22/08/1979 Griya Jatinangor I Melati 3No.8 Ekonomi / KUM
3 Dewi Sri Rahayu P Sumedang, 20/04/1972 Bojong loa Rt 03/03 Sosiologi/sejarah
4 Agus Widodo L Bandung, 03/01/1981 Griya Jatinangor I melati VI Sukarapih PKn/Tata Negara
5 Mahmudin L Bandung,18/08/1952 Gudang 02/03 Tanjungsari Geografi/KUM
6 Asep Zakaria l Salatiga, 17/03/1985 Cimasuk Pamulihan Keter. / TBM
7 Yayat Supriatna L Bandung, 03/01/1981 Margamekar Rt 01/12 Hegarmanah Antropologi
8 Desi Siti Aisyah P Bandung, 23/12/1979 Griya Taman Lestari D1 No 51 Gudang Matematika/Bibel
9 Riesa Mega K P Sumedang 1974 Ds. Jatisari Tanjungsari Penjas/Geografi
 
2. Tenaga Kependidikan
No Nama Tempat tanggal Lahir L/P Pendidikan Pekerjaan Jabatan
1 H. Mahmudin, S.Pd Bandung, 18-08-1952 L S-1 Pensiunan Ketua
2 Elin Sumarlinah, S.Pd Sumedang,04-02-1987 P S-1 PNS Bendahara
3 Dwi Sulistya Kuncara Bandung,01-11-1979 L SMA Wiraswasta Sekretaris
 
D. Sarana dan Prasarana yang dimiliki
1. Sarana
Papan tulis, Buku Modul, Komputer, Internet, Handycam,Printer, Kamera Buku Administrasi Dan Perpustakaan
2. Prasarana
Ruang Sekretariat, Ruang kelas, MCK, Tempat Ibadah
 
E. Kondisi Lingkungan Lembaga Pengusul
No
Data Substansi
Keterangan
1
Data Kependudukan
 
a
Berapa julah penduduk Kab. Sumedang
Berdasrkan data statistik jumlah di Kabupaten Sumedang yaitu 1.079.866 jiwa yang terdiri dari penduduk laki-laki 498.847 jiwa dan perepuan 521.019 jiwa
b
Data penduduk miskin di Kecamatan Tanjungsari
Berdasarkan data statistik jumlah penduduk miskin di Kecamatan Tanjungsari sebanyak 38.448 jiwa yang terdiri dari penduduk laki-laki 18.688 dan perempuan 19.760 jiwa
2.
Kondisi Lingkungan
 
a
Lokasi PKBM Daarul"Uluum
Berada di daerah :
- Pedesaan
- Pengunungan
- Pertanian
b.
Potensi produksi unggulan
Penduduk kecamatan Tanjungsari 75% bermata pencaharian sebagai petani
Produksi unggulan Kab. Sumedang disamping hasil pertanian berupa ubi Cilembu, jagung pisang, ketela pohon juga hasil olahan pertanian
 
 
3.
Kondisi DU/DI
 
 
Jenis DU/DI yang membutuhkan tenega kerja
Mereka akan diarahkan kelompok Usaha Mandiri
 
F. Substansi
Aspek
Uraian yang direncanakan
Standar Isi
1. Tujuan : Program Pendidikan Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) Bertujuan untuk.
a. Mengembangkan dan mengaktulisasikan berbagai potensi yang dimiliki warga belajar.
b. Meningkatkan keberdayaan WB melalui peningkatan pengetahuan sikap, keterampilan dan berusaha secara mandiri
c. Memelihara dan mengembangkan keberaksaraan warga belajar yang telah mengikuti dan atau mencapai kompetensi keaksaraan dasar
2. Materi :
1. Kewirausahaan 3 JP
2. Mengenal ......... 6 JP
3.  
3. Silabus : terlampir
4. RPP : terlampir
5. Beban Belajar :
- Jumlah jam pelajaran untuk penugasan SK-KD 66 JP
- Lama belajar 3 bulan dengan rincian 1 minggu 2 kali pertemuan
(2 kali pertemuan x 4 minggu x 3 bulan = 24 kali pertemuan)
Standar proses
1. Rencana proses pembelajaran
Proses pembelajaran dilakukan pada bulan ..... 2012 s.d .....2012 (jadwal perencanaan proses pembelajaran terlampir)
2. Pelaksanaan proses pembelajaran
a. Kegiatan pendahuluan
- Tutor bersama penyelenggara melakukan identifikasi kebutuhan berdasarkan minat dan potensi peserta didik serta potensi lokal yang berpeluang untuk dikembangkan sebagai usaha)
- Tutor menyusun silabus dan pelaksanaan pembelajaran (RPP-KUM) sesuai jenis usaha yang dibelajarkan dengan mengacupada standar kompetensi KUM yang berbasis pada konteks lokal (silabus dan RPP terlampir)
- Tutor menyiapkan bahan ajar/modul/media yang diperlukan untuk pembelajaran
- Tutor menyiapkan bahan ajar dan alat praktek
b. Kegiatan inti
Adapun kegiatan inti pembelajaran KUM meliputi aspek-aspek berikut ini :
1. Diskusi
2. Menulis alat,bahan dan proses dari praktek
3. Membaca alat bahan dan proses dari praktek
4. Praktek keterampilan ........
5. Menghitung analisa usaha (modal, penjualan, dan laba/rugi)
6. Evaluasi usaha KUM
7. Refleksi usaha KUM
8. Pengambangan usaha KUM
9. Pendampingan usaha KUM
c. Kegiatan penutup
Pada proses ini tutor dan penyelenggara mengadakan evaluasi atau penilaian. Evaluasi ini berbentuk test tertulis untuk mengukur sejauhmana warga belajar menyerap materi yang telah diberikan serta test kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan yang telah diberikan
3. Penilaian hasil pembelajaran
a. Penilaian awal
Dilakukan pada awal pembelajaran yaitu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan. Penilaian awal bertujuan untuk menilai sejauhmana kesiapan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran Penilaian awal dapat berupa test lisan
b. Penilaian proses
Penilaian proses pembelajaran dilakasanakn dengan menggunakan prinsip penilaian yaitu :
1. Mengacu pada standar kompetensi lulusan (SKL) dan SKK-KUM
2. Dilakukan secara terus menerus sesama proses pembelajaran
3. Hasil belajar peserta didik dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi tutor dalam memperbaiki proses pembelajaran.
Adapun aspek yang dinilai meliputi :
- Kemampuan membaca, manulis, berhiutng, mendengar dan berbicara (berkomunikasi) dalam bahasa Indonesia (aspek kognitif)
- Keterampilan usaha yang dipelajari (aspek psikomotorik)
- Perubahan sikap peserta didik terhadap perkembangan usaha (aspek afektif)
Penilaian dapat berupa test dan non-test. Bentuk test mencakup test tertulis dan lisan sedangkan non test meliputi pengamatan kinerja dan penilaian hasil karya
c. Penilaian akhir
Penilaian akhir dilaksanakan setelah peserta didik selesai mengikuti proses pembelajaran. Penilaian akhir dapat berupa test tertulis jugatest kemampuan peserta didik mempraktekkan keterampilan usaha yang dipelajari.
4. Pengawasan proses pembelajaran
a. Pemantauan
Pemantauan dan pendampingan proses pembelajaran dilakukan oleh penyelenggara dan penanggung jawab program. Pemantauan bertujuan untuk:
1. Mengukur sampai sejauhmana proses pembelajaran dilaksanakan
2. Kesesuaian program dengan jadwal yang telah ditentukan.
3. Mengukur persentase kehadiran tutor dan warga belajar
b. Tindak lanjut
Tindak lanjut dari pembelajaran program KUM ini adalh peserta didik memiliki usaha mandiri dan belajar keaksaraan secara berkelanjutan
Standar pendidik dan tenaga kependidikan
1. Kualifikasi akademis pendidik
- Pendidikan terakhir tutor yaitu : sarjana dan SLTA (biodata tutor terlampir)
2. Kualifikasi akademis tenaga kependidikan
- Pendidikan terakhir penyelenggara yaitu sarjan dan S2 (biodata terlampir)
3. Kompetensi tenaga kependidikan
- Pelatihan yang pernah diikuti oleh tutor pelatihan dasar KF (sertikat terlampir)
Standar kompetensi lulusan
1. Standar kompetensi lulusan keaksaraan dasar berupa perolehan sukma (sukma terlampir)
2. Standar kompetensi lulusan keaksaraan usaha mandiri berupa surat tanda selesai belajar (STSB) diberikan pada akhir pembelajaran
Standar penilaian
1. Pedoman penilaian.
Tujuan penilaian dalam pembelajaran usaha mandiri.
a. Mengetahui pencapaian tujuan belajar KUM
b. Memperoleh umpan balik pembelajaran
c. Memperoleh gambaran yang jelas tentang perkembangan hasil belajar peserta didik
d. Mendapatkan bahan pertimbangan dalam menentukan rencana tindak lanjut pembelajaran
Adapun pedoman penilaian dalam pembelajaran KUM mengacu pada prinsip penilaian yaitu :
a. Penilaian dalam pembelajaran mengacu pada standar kompetensi lulusan (SKL) dan SKK KUM.
b. Penilaian dilakukan secara terus-menerus selama proses pembelajaran.
c. Hasil belajar peserta didik dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi tutor dalam memperbaiki proses pembelajaran
2. Kisi – kisi penilaian (terlampir)
3. Instrumen penilaian KUM (terlampir)
4. Pelaksanaaan penilaian dilakukan oleh tutor atau narasumber teknis untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik terhadap usaha mandiri yang telah diajarkan. Penilaian dilakukan secara terus menerus selama proses pembelajaran.
Aspek yang dinilai meliputi :
- Kemampuan membaca, manulis, berhiutng, mendengar dan berbicara (berkomunikasi) dalam bahasa Indonesia (aspek kognitif)
- Keterampilan usaha yang dipelajari (aspek psikomotorik)
- Perubahan sikap peserta didik terhadap perkembangan usaha (aspek afektif)
Penilaian dapat berupa test dan non-test. Bentuk test mencakup test tertulis dan lisan sedangkan non test meliputi pengamatan kinerja dan penilaian hasil karya
5. Hasil penilaian
Hasil penilaian peserta didik diberikan dalam bentuk sertifikat atau Surat Tanda Selesai Belajar (STSB). Sertifikat ditanda oleh ketua penyelenggara dan diketahui oleh kabid kab yang membidangi PNFI
6. Laporan dan tindak lanjut hasil penilaian
Laporan hasil penilaian berupa paparan yang berisi gambaran tentang perkembangan hasil belajar peserta didik yang dilakukan oleh tutor dan narasumber teknis.
Penilaian dilaksanakan secara terus menerus selama proses pembelajaran
Dokumen laporan disipan oleh tutor untuk mendapatkan bahan pertimbangan dalam menentukan rencanan lanjut pembelajaran
Standar sarana dan prasarana
1. Sarana kelompok
- Papan tulis
- Penghapus papan tulis
- Kapur
- Kertas karton
- Kertas buram
2. ATK warga belajar
- Buku tulis
- Pensil
- Penghapus
- Mistar
- Map plastik
3. Tempat belajar
4. Alat praktek keterampilan
Standar pengelolaan
1. Program belajar
Jadwal pelaksanaan (terlampir)
SKK-KUM (terlampir)
2. Evaluasi pengelolaan
- Pelakasanaan evaluasi
Evaluasi pelaksanaan program dilaksanaan setiap bulan selama 3 bulan berturut-turut
Evaluasi pelaksanaan program bertujuan untuk mengukur sejauh mana progam dapat berjalan serta kesesuain program dengan jadwal program yang telah ditentukan
- Analisis hasil.
Analisis hasil pelaksanaan program dilaporkan dalam bentuk laporan awal, laporan bulanan,serta laporan akhir program pelaksanaan pembelajaran KUM
- Tindak lanjut pengelolaan program keaksaraan usaha mandiri ini diarahkan pad a pembentukan usaha prakoprasi
3. Struktur organisasi
Pembina : Kepala Dinas Pendidikan Kab. Sumedang
Penanggung jawab:
Ketua : H. Mahmudin, S.Pd
Sekretaris : Dwi Sulistya Kuncara
Bendahara : Elin Sumarlinah, S.Pd
4. Pelaporan program
Pelaporan program dilakukan pada awal program, laporan bulanan, dan akhir program
Stanndar pembiayaan
terlampir
 
 




H. Mahmudin S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar